Paling Sering Dilihat

Aneka Resep Memutihkan Kulit Secara Alami dengan Cepat terupdate

 


Punya kulit kusam dan tidak bercahaya? Untuk mencerahkannya ternyata kamu tidak melulu harus menggunakan produk skincare yang mahal dan menguras isi kantongmu. Beberapa bahan dapur yang ada di rumah juga bisa kamu manfaatkan untuk mendapatkan kulit putih dan bebas kusam. Yuk, simak ini 13 cara memutihkan kulit secara alami dengan cepat dan permanen, wajib dicoba!

Ini cara memutihkan kulit secara alami dengan cepat dan permanen

Memiliki kulit putih yang cerah memang menjadi impian sebagian besar perempuan. Kebanyakan juga lebih ingin memutihkan kulit secara permanen dengan waktu yang cepat. Nah, ada bahan alami yang bisa dengan mudah kamu aplikasikan di rumah sebagai masker, luluran atau scrub. Selain lebih bersinar secara alamiah, kulit pun lebih lembap dan terhidrasi. Treatment alami ini membutuhkan proses dan akan lebih cepat terlihat hasilnya jika kamu melakukannya secara rutin. 

1. Haluskan alpukat dan gunakan sebagai masker

Haluskan alpukat dan gunakan sebagai masker. (Foto: Shutterstock)
Haluskan alpukat dan gunakan sebagai masker. (Foto: Shutterstock)

Selain dijadikan jus, kamu juga dapat menggunakan alpukat sebagai bahan alami untuk memutihkan kulit. Alpukat dikenal sebagai buah yang mengandung mineral, vitamin, dan minyak alami yang dapat menjaga kesehatan dan kelembapan kulit. Tidak hanya itu, buah ini juga dapat merangsang kolagen dan juga efektif memutihkan kulit dengan cepat.

Gunkan setengah sampai satu buah alpukat yang sudah dihaluskan. Lalu, aplikasikan krim alpukat ke seluruh bagian wajahmu. Tunggu sampai 15 menit lalu bilas dengan menggunakan air bersih. Untuk menambah kilau di wajah, kamu dapat mencampurkan dengan apple vinegar atau madu secukupnya.

 

2. Gunakan gosokan jeruk nipis atau lemon untuk memutihkan kulit

Gunakan gosokan jeruk nipis atau lemon untuk memutihkan kulit. (Foto: Shutterstock)
Gunakan gosokan jeruk nipis atau lemon untuk memutihkan kulit. (Foto: Shutterstock)

Golongan buah citrus yang kaya akan vitamin C memang dikenal efektif membantu mencerahkan kulit secara alami. Kamu bisa pakai jeruk nipis atau lemon untuk mengubah warna kulit yang kusam. Caranya mudah, kok! Belah jeruk nipis atau lemon. Lalu, gosokkan dengan lembut ke area kulit yang kusam atau warnanya tidak merata setelah mandi. Jangan lupa bilas dengan air hangat. Lakukan perawatannya secara rutin.

3. Parut bengkuang, kemudian jadikan scrub alami

Parut bengkuang, kemudian jadikan scrub alami. (Foto: Shutterstock)
Parut bengkuang, kemudian jadikan scrub alami. (Foto: Shutterstock)

Buah satu ini banyak sekali digunakan dalam produk pencerah kulit. Ini karena adanya kandungan vitamin B dan C di dalamnya. Vitamin C dikenal bisa membantu proses regenerasi sel kulit sehingga kulit yang kusam cepat tergantikan.

Kamu cukup memarut bengkuang. Lalu, peras untuk mendapatkan sarinya. Gunakan sebagai lulur saat mandi. Diamkan selama 10 sampai 15 menit agar nutrisi terserap langsung ke kulit yang kusam. Bilas dengan air hangat untuk hasil yang maksimal.

 

4. Blender pepaya hingga lembut atau dicampur madu

Blender pepaya hingga lembut atau dicampur madu. (Foto: Shutterstock)
Blender pepaya hingga lembut atau dicampur madu. (Foto: Shutterstock)

Selain bermanfaat untuk melancarkan pencernaan, pepaya juga bagus buat kulitmu. Pepaya mengandung enzim papain yang dapat meregenerasi kulit. Selain itu, pepaya juga memiliki kandungan vitamin A, C, dan E sebagai antioksidan yang bermanfaat melembapkan kulit.

Kamu bisa blender pepaya hingga lembut, lalu oleskan di area kulit. Setelah itu, bersihkan dengan air hangat. Kamu juga bisa mencampurkan madu yang fungsinya mengatasi kulit kering. Tak hanya terlihat lebih putih, kulit yang kusam juga semakin terasa halus.

 

5. Haluskan mentimun dan campur madu, kemudian oleskan pada kulit

Haluskan mentimun dan campur madu, kemudian oleskan pada kulit. (Foto: Shutterstock)
Haluskan mentimun dan campur madu, kemudian oleskan pada kulit. (Foto: Shutterstock)

Mentimun adalah salah satu jenis buah yang kaya akan kandungan mineral alami dan vitamin. Mentimun bisa membantu memutihkan sekaligus mengencangkan kulit. Kamu cukup haluskan mentimun dan tambahkan sedikit madu, lalu oleskan ke bagian kulit yang menggelap. Jika tidak ada madu, kamu bisa langsung menggosokkan potongan mentimun ke area kulit.

 

6. Tumbuk tomat sampai halus dan gunakan sebagai masker

Tumbuk tomat sampai halus dan gunakan sebagai masker. (Foto: Shutterstock)
Tumbuk tomat sampai halus dan gunakan sebagai masker. (Foto: Shutterstock)

Tomat mengandung senyawa antioksidan bernama lycopine. Senyawa ini terbukti mampu menangkal radikal bebas, sekaligus memutihkan kulit. Kamu bisa menggunakan tomat untuk mencerahkan kulit di area selangkangan yang menggelap.

Cara penggunaannya, tumbuk halus tomat. Setelah itu, oleskan tomat tumbuk tersebut di area selangkangan. Diamkan selama 5 sampai 10 menit, lalu bilas dengan air bersih.

 

7. Manfaatkan kunyit, campur dengan air hangat atau susu

Manfaatkan kunyit, campur dengan air hangat atau susu. (Foto: Shutterstock)
Manfaatkan kunyit, campur dengan air hangat atau susu. (Foto: Shutterstock)

Kunyit memiliki kandungan senyawa pigmen berwarna kuning ini bisa membantu memutihkan kulit dengan cepat, lho! Kamu hanya cukup gunakan kunyit dalam bentuk bubuk yang dicampur air hangat. Bisa juga dicampur dengan susu. Kemudian, oleskan ke kulit. Diamkan beberapa menit, lalu bilas dengan air hangat dan sabun sampai bersih.

 

8. Pakai beras sebagai lulur, gunakan secara rutin

Pakai beras sebagai lulur, gunakan secara rutin. (Foto: Shutterstock)
Pakai beras sebagai lulur, gunakan secara rutin. (Foto: Shutterstock)

Tepung beras mengandung Vitamin B kompleks yang dipercaya membuat kulit tampak lebih cerah dan putih. Kamu tinggal mencampurkan tepung beras dengan air hangat dan perasan jeruk nipis. Oleskan secara merata seperti menggunakan lulur ke seluruh tubuh setelah mandi. Diamkan beberapa saat, lalu bilas dengan air hangat hingga bersih.

Kamu juga bisa pakai air bekas mencuci berasAir ini mengandung asam ferullic dan allantoin yang dapat melindungi dan mencerahkan kulit. Selain air bekas mencuci berasnya, kamu bisa pakai endapan di air beras sebagai lulur alami juga.

 

9. Oleskan yoghurt pada kulit yang gelap atau kusam

Oleskan yoghurt pada kulit yang gelap atau kusam. (Foto: Shutterstock)
Oleskan yoghurt pada kulit yang gelap atau kusam. (Foto: Shutterstock)

Merupakan produk olahan dari susu, kamu juga dapat mengaplikasikan yoghurt pada wajah untuk memutihkan kulit. Yoghurt mempunyai kandungan kalsium yang dapat mengatasi kulit kusam, meremajakan kulit wajah, menjaga kelembapan, dan menghidrasi kulit.

Hal pertama yang dapat kamu lakukan adalah ambil yoghurt secukupnya, lalu gosokkan pada kulit wajah sampai area leher. Setelah 15 menit, kamu dapat mencampurkan yoghurt dengan madu murni secukupnya. Aduk sampai rata, lalu aplikasikan kembali pada area wajah dan diamkan selama 20 sampai 30 menit. Jangan lupa untuk membersihkannya dengan air bersih.

 

10. Oleskan gel lidah buaya untuk mencegah kulit menjadi gelap

Oleskan gel lidah buaya untuk mencegah kulit menjadi gelap (Foto: Shutterstock)
Oleskan gel lidah buaya untuk mencegah kulit menjadi gelap (Foto: Shutterstock)

Adanya kandungan aloesin pada lidah buaya membuat lidah buaya dapat menghambat pembentukan melanin pada kulit. Sehingga kamu tidak perlu khawatir dengan terbentuknya kulit yang gelap. Banyak varian obat pencerah kulit yang memakai kandungan aloe vera sebagai komposisi utamanya. 

Kalau kamu lebih banyak beraktivitas di rumah, coba cara memutihkan kulit dengan lidah buaya. Awali dengan memetik lidah buaya secukupnya lalu kupas dan ambil daging buahnya yang berwarna bening. Cuci hingga bersih dan oleskan gel lidah buaya secara merata di kulit. Diamkan selama 15 menit kemudian bilas sampai bersih. 

 

11. Haluskan pisang dan madu untuk cerahkan kulit secara instan 

Haluskan pisang dan madu untuk cerahkan kulit secara instan (Foto: Shutterstock)
Haluskan pisang dan madu untuk cerahkan kulit secara instan (Foto: Shutterstock)

Untuk mendapatkan kulit yang cerah dan bercahaya, kamu bisa andalkan kombinasi pisang dan madu. Buah pisang mengandung banyak vitamin C yang efektif memutihkan kulit secara alami. Selain itu, buah pisang juga memiliki sifat antioksidan yang mampu melindungi kulit dari radikal bebas. Sedangkan madu beperan aktif dalam melembutkan kulit. 

Membuatnya cukup mudah, kok. Cukup siapkan 2 buah pisang, lalu haluskan dengan cara ditumbuk. Tambahkan 4 sendok makan madu kemudian campur kedua bahan hingga merata. Balurkan ke seluruh tubuh selama 20 menit dan bilas hingga bersih. 

 

12. Oleskan pasta kentang untuk membantu regenerasi kulit sekaligus mencerahkan 

Oleskan pasta kentang untuk membantu regenerasi kulit sekaligus mencerahkan (Foto: Shutterstock)
Oleskan pasta kentang untuk membantu regenerasi kulit sekaligus mencerahkan (Foto: Shutterstock)

Selain mencerahkan kulit, kentang juga dapat membantu mempercepat regenerasi kulit sehingga kulit tetap kencang dan tidak mengendur. Kandungan antioksidannya yang alami berguna untuk menyamarkan bekas luka yang susah menghilang. Dicampur dengan susu, maka kedua bahan ini menjadi opsi terbaik untuk luluran alamiah yang ampuh memutihkan kulit secara alami. 

Caranya, tumbuk halus 1 buah kentang yang telah dicuci dan direbus. Campurkan dengan 2 sendok makan susu hingga berbentuk adonan pasta. Oleskan pada seluruh tubuh dan diamkan selama 30 menit. Lalu bilas tubuh dengan air hangat. 


13. Lulur minyak zaitun dan madu untuk memutihkan kulit sekaligus menjaga keseimbangan kadar air 

Lulur minyak zaitun dan madu untuk memutihkan kulit sekaligus menjaga keseimbangan kadar air  (Foto: Shutterstock)
Lulur minyak zaitun dan madu untuk memutihkan kulit sekaligus menjaga keseimbangan kadar air  (Foto: Shutterstock)

Minyak zaitun memiliki kandungan linoleic acid yang berfungsi untuk menjaga keseimbangan kadar air dalam tubuh. Selain berperan aktif dalam memutihkan kulit, minyak zaitun atau akrab disapa dengan nama olive oil ini kaya polifenol yang beperan sebagai antioksidan sehingga melindungi sel-sel dari kerusakan kulit. 

Cukup campurkan 4 sendok makan minyak zaitun dengan 2 sendok makan madu hingga membentuk larutan untuk luluran. Lalu aplikasikan ke seluruh tubuh secara merata dan diamkan selama kurang lebih 20 menit. Bilas dengan air hangat hingga bersih. 

Tips pendukung untuk memutihkan kulit secara alami dan cepat.

Semua metode tersebut memang bisa menutrisi kulit dan mengangkat sel kulit mati sehingga kulit jadi terlihat lebih cerah atau lebih putih. Tapi, perlu kamu ingat bahwa semua metode di atas tidak bisa mengubah tone asli warna kulitmu. Semuanya berfungsi untuk membersihkan kulit dan menutrisinya sehingga terlihat lebih cerah.

Lalu, cepat di sini tentu saja bukan berarti instan ya, alias baru 1-3 kali pakai langsung kulit berubah jauh lebih cerah. Tentu tidak begitu. Cepat di sini tetap sesuai dengan masa regenerasi kulit, biasanya setiap 28 hari. jadi selain kulit jadi lebih bersih, dengan nutrisi yang terkandung pada bahan-bahan tersebut, regenerasi kulit bisa berjalan lebih baik, sehingga sel baru yang tumbuh lebih sehat, alhasil terlihat lebih cerah.

Lalu selain berbagai cara di atas, tentu saja, harus didukung juga dengan perlindungan dari luar, yaitu jangan terlalu sering beraktivitas panjang di bawah sinar matahari. Jika tidak bisa dihindari, pastikan kamu menggunakan sunblock atau setidaknay lotion yang mengandung SPF. Dengan begitu kulit terlindungi dari sinar UV yang bisa membakarnya menjadi lebih gelap. 

lalu pastikan kulit tubuhmu terhidrasi dengan baik, dari luar mau pun dalam. Selalu aplikasikan lotion, body cream atau body butter setiap habis mandi atau saat kulit terlihat kering. Lalu konsumsi air putih yang cup (1,5 - 2 liter per hari tegantung berat badan). Kulit yang terhidarsi dengan baik akan jadi lebih sehat dan glowing

Related Posts

Posting Komentar