Paling Sering Dilihat

10 Makanan Khas Korea Selatan yang Wajib Dicicipi

Melancong ke Negara Oppa kurang berkesan tanpa mencicipi berbagai hidangan makanan khas Korea Selatan yang dapat menggugah selera. Korea Selatan memiliki banyak destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi, seperti Menara Seoul, Myeongdong, Istana Changdeok, Pulau Jeju, dan masih banyak lagi. Selain itu ada satu hal lagi yang tidak boleh kamu lewatkan saat mengunjungi negeri Ginseng ini adalah mencicipi makanan khas Korea Selatan. Berikut 10 kuliner khas Korea Selatan yang wajib kamu cicipi.

1. Asam, Asin, dan Gurihnya Kimchi

Kimchi merupakan yang selalu ada di dalam lemari pendingin orang Korea. Sehingga tidak heran jika Kimchi menjadi makanan khas Korea selatan yang harus kamu cicipi ketika berkunjung ke sana. Kamu pasti juga tahu kan jika Kimchi ini merupakan makanan tradisional yang terbuat dari sawi putih dan lobak. Kimchi ini sejenis asinan sayur yang difermentasi dan diberi bumbu pedas.

BACA JUGA: Informasi dan Fakta Menarik Tentang Park Seo Joon!

Di masa lalu Kimchi diucapkan dengan nama chim-chae yang berarti sayuran yang direndam. Selain dimakan secara langsung, Kimchi juga bisa divariasikan menjadi berbagai menu makanan, seperti nasi goreng, sup dan sebagainya. Jika anda tertarik untuk membuat asinan Korea ini dapat mengikuti kelas memasak Kimchi & Tteokbokki Cooking Class.

2. Mencicipi Tteokbokki, Makanan bercita rasa pedas dan manis

makanan khas korea selatan : tteokbokk

Tteokbokki merupakan makanan khas korea selatan yang berupa kue beras. Makanan ini juga sering muncul di drama-drama Korea loh. Kue beras ini berbentuk seperti tabung panjang dan berwarna putih. Cara penyajiannya adalah dipotong-potong dan kemudian dimasak bersama saus khas Korea, gochujang. Biasanya saat makan tteokbokki orang Korea akan menambahkan telur rebus atau lembaran fish cake sebagai toping.

Pada masa Dinasti Joseon, makanan ini dimasak dengan kecap asin, daging sapi, kecambah, wortel, dan bawang bombay. Sehingga bisa dikatakan bahwa tteokbokki pada masa itu, sangat berbeda dengan tteokbokki yang dijual di masa sekarang. Kudapan ini cocok dinikmati saat musim dingin atau setelah anda berkeliling ke tempat wisata terkenal di Korea maka akhirilah dengan menyantap tteoboki pedas.

3. Rasakan manis dan gurihnya Jajangmyeon

makanan khas korea selatan : jjajangmyeon

Jajangmyeon merupakan makanan khas Korea selatan yang mirip dengan mi ayam yang ada di Indonesia. Makanan yang cukup terkenal di Korea Selatan ini biasa disajikan dengan saus pasta kacang hitam dengan citarasa asin. Saus ini disebut Chunjang oleh orang Korea. Kemudian diberi toping berupa daging yang dipotong dadu, dan dilengkapi dengan aneka sayuran.

BACA JUGA: 10 Fakta Kelam Kehidupan Idol Diungkap Mantan Artis K-pop

Namun bagi kamu yang beragama Islam harus berhati-hati, karena biasanya potongan daging dari jajangmyeon ini menggunakan daging babi. Jajangmyeon pertama kali muncul pada tahun 1905, dimana seorang imigran dari Cina membuka sebuah restoran di kawasan Incheon. Saat ini restoran tersebut telah beralih fungsi menjadi Museum jajangmyeon.

4. Jika di Jepang ada sushi, maka di Korea ada Kimbab

makanan khas korea selatan : Kimbab

Jika dilihat dari bentuknya kimbab ini tidak jauh berbeda dengan sushi. Varian dari isian kimbab ini juga mirip dengan sushi yaitu berupa sayur dan daging. Namun faktanya pada zaman dinasti Joseon terdapat makanan yang dinamakan bokssam atau bungkusan keberuntungan. Makanan ini terbuat dari nasi gulung yang dibungkus rumput laut kering atau sering disebut kim.

Kimbab sendiri terbuat dari nasi, daging, dan sayuran. Nasi putih yang sudah dibumbui dengan garam dan minyak wijen. Isinya pun beragam, mulai dari daging, ikan, telur, keju,acar dan sebagainya. Kimbab biasanya dibawa sebagai bekal piknik, hiking atau aktivitas lain di luar ruangan. Mungkin karena praktis dan mudah dibawa kemana saja.

5. Mencicipi Bibimbap, Nasi Campur Ala Korea

makanan khas korea selatan : bibimbab

Disebut nasi campur karena kamu haru mencampur semua bahan yang ada, mulai dari lauk, nasi, dan saus hingga tercampur secara rata. Biasanya isi dari semangkuk Bibimbap ini terdiri dari nasi putih, beberapa jenis sayur, daging sapi, telur mata sapi setengah matang dan saus gochujang. Biasanya orang Korea menyantap Bibimbap ini dengan tambahan acar sebagai topping.

6. Chimaek, Ayam Goreng Tepung Khas Korea

makanan khas korea selatan : chicken

Makanan khas Korea selatan ini biasanya disajikan dengan segelas bir sebagai pelengkap. Jadi tidak heran jika namanya Chimaek. Karena Chimaek sendiri berasal dari kata “Chi” atau chicken yang berarti ayam dan “maek” dari kata maekju yang berarti bir.

Ada banyak cara dalam penyajian Chimaek, tetapi hampir semua ayam yang disajikan memiliki cita rasa pedas dan digoreng garing serta diberi taburan wijen. Hampir semua restoran di Seoul Korea Selatan menjual Chimaek.

7. Nikmati Pedasnya Jjampong

makanan khas korea selatan : Jjampong

Bagi kamu yang menyukai kuliner dengan cita rasa pedas pasti tidak akan melewatkan makanan khas Korea selatan satu ini. Jjampong sendiri merupakan mie kuah pedas yang dicampur dengan seafood dan bubuk lada merah yang biasa disebut gochugaru.

BACA JUGA: 10 Drakor Romantis Terbaru yang Bikin Baper

Mie jjampong ini terbuat dari tepung gandum. Jjamppong biasanya disajikan di dalam mangkok besar, dan disiram dengan kuah yang gurih, pedas, dan panas. Makanan ini akan sangat nikmat jika disantap saat musim dingin.

8. Dak Galbi atau ayam tumis pedas ala Korea

makanan khas korea selatan : galbi

Mungkin nama Dak Galbi masih asing di telinga beberapa orang, tetapi ternyata makanan ini cukup populer di Korea Selatan. Dak Galbi ini terbuat dari daging ayam yang dipotong dadu, lalu ditambahkan saus gochujang, kol, daun bawang, kue beras atau tteok, dan bahan-bahan lainnya.

Makanan ini sangat cocok jika dimakan ramai-ramai, karena porsinya sangat banyak. Di Korea Selatan, Dak Galbi biasa disajikan di piring berukuran besar di tengah-tengah meja, sehingga kamu dan teman-temanmu dapat menyantap makanan ini bersama-sama.

9. Naengmyeon, Mie Dingin asal Korea Utara

makanan khas korea selatan : naengmyeon

Makanan khas korea selatan satu ini sering disajikan di musim panas. Naengmyeon sendiri merupakan makanan asal Korea utara yang populer di Korea Selatan. Naengmyeon sendiri memiliki arti mie dingin. Karena saat membuatnya mie dibilas dengan air dingin lalu dicampurkan dengan minyak, cuka, kecap, sayuran, dan disajikan dengan kuah kaldu dingin.

Di Korea Selatan sendiri terdapat dua jenis Naengmyeon, yaitu Pyongyang Naengmyeon dan Hamheung Naengmyeon. Perbedaan utama dari kedua jenis makanan ini adalah kuahnya, jika Pyongyang Naengmyeon berkuah dingin, Hamheung Naengmyeon hanya dicampur saus pedas manis tanpa kuah.

10. Samgyetang, Sup Ayam Ginseng Khas Korea Selatan

makanan khas korea selatan : SamGyeTang

Samgyetang biasanya dibuat dengan memakai ayam muda yang direbus dalam keadaan utuh hingga terasa empuk. Kemudian dimakan dengan tambahan merica, garam, dan kimchi. Selain ginseng sup ini juga mengandung tanaman obat lain seperti kastanye, kacang cemara, buah jujuba kering, jahe, dangsam, gugija atau danggwi. Samgyetang biasanya dimakan pada saat musim panas, sehingga tubuh yang selalu berkeringat tidak menjadi lemas.

Itulah 10 makanan khas yang wajib kamu coba ketika berlibur ke Korea Selatan. Semua makanan di atas sangat mudah di cari di restoran-restoran ataupun di kedai-kedai makanan pinggir jalan. Namun perlu diingat bahwa beberapa makanan diatas mengandung babi jadi bagi kamu yang muslim harus hati-hati dalam memilih makanan yang akan dicicipi ya.

The post 10 Makanan Khas Korea Selatan yang Wajib Dicicipi first appeared on Serba Serbi Korea.

from Serba Serbi Korea https://ift.tt/2QMiQyz
via IFTTT

Related Posts

Posting Komentar